RANCANGAN PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS (DIAGRAM DAN GAMBAR)
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Dosen Pengampu : Muslam M.Pd
Disusun Oleh:
1 . Anikotus
Soimah (133311002)
2.
Mustaghfiroh (133311017)
3.
Imam Mughnil Anam (133311019)
4.Irrodhatus Salamah
(133311035)
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2013
I.
PENDAHULUAN
Seiring
dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern pada saat
sekarang ini, peranan media sangatlah penting terutama didalam hal proses
belajar mengajar. Sehingga kedudukan media pengajaran yang ada didalam komponen
metode mengajar adalah salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi
guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Melalui
penggunaan media pengajaran ini diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses
belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar
siswa.
Dan
salah satu dari beberapa media yang sering digunakan dalam proses
belajar-mengajar adalah media grafis. Sebagaimana halnya media yang lain, media
grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran
yang dipakai menyangkut indera penglihatan dan pesan yang akan disampaikan
dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi visual.
Ada
banyak jenis didalam media grafis, yang mana kesemuanya itu cukup mudah dalam
pembuatannya dan juga relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Namun didalam
makalah ini kami hanya akan menyampaikan salah satu dari jenis media grafis
tersebut yaitu diagram dan gambar.
II.
RUMUSAN MASALAH
A.
Apa
pengertian diagram ?
B.
Apa
pengertian gambar dan macam-macamnya?
C.
Bagaiman
karakteristik diagram dan gambar
yang baik?
III.
PEMBAHASAN
1.
Diagram
Diagram
adalah gambaran atau skesta dari bagian suatu benda yang
Menunjukkan langkah-langkah suatu
proses kerja.
Diagram biasanya menjelaskan
suatu hubungan antara data-data dengan yang lain.
2 GAMBAR
A.
Karakteristik diagram dan gambar yang baik
1.
Karakteristik diagram yang baik
Diagram atau chart
harus mempunyai tujuan pengajaran yang ditentukan dengan jelas. Bagi siswa yang
berusia muda suatu chart harus berisikan hanya satu konsep atau gambaran
konsep. Sebaiknya chart itu ditekan hingga hanya berisi informasi verbal dan
visual yang minimum untuk dapat dipahami. Jika ingin mengungkapkan beberapa gagasan
atau konsep, sebaiknya dibuat serangkaian chart sederhana. Informasi pengajaran
dan pesan-pesan isi pengajaran dikomunikasikan melalui saluran visual, dan
materi verbal hanya diadakan untuk mendukung pesan visual.
Karakteristik yang ada pada bagan adalah:
a.
Sedehana,
mudah dilihat dan dibaca
b.
Tidak
terlalu banyak konsep di dalamnya, tidak harus terlalu rinci serta tidak banyak
digunakan kata-kata.
c.
Warna-warna
yang digunakan harus menambah kejelasan.
2.
Karakteristik
gambar
Umumnya data yang berbentuk data atau tabel dapat disusun kedalam
bentuk gambar.Penampilan gambar dalam bentuk gambar umumnya akan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik. Penggunaan gambar dalam kegiatan pembelajaran memiliki berbagai pilihan dan variasi.
Setidaknya gambar dapat ditampilkan dalam empat jenis, yaitu poster,kartun , komik dan fotografi. Keempat jenis gambar ini memiliki
penampilan serta tingkat keterbacaan yang berbeda. Gambar
biasanya dilengkapi dengan gambar yang
menjelaskan simbol-simbol yang terdapat didalamnya. Pemilihan jenis gambar akan digunakan biasanya tergantung pada kompleksitas dari informasi
ataupun data yang ingin disampaikan. Selain itu juga tergantung pada kemampuan
atau keterampilan peserta didik dalam menginterprestasikan gambar.
Sebuah gambar yang baik apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.
Dibuat
dengan jelas dan menarik ( berwarna )
b.
Penyajian
ide harus disesuaikan dengan permasalahannya
c.
Warna
harus kontras dan harmonis
d.
Sederhana
dan mudah dibaca
e.
Penyajian
menarik, praktis dan cermat dalam perhitungan[1].
IV.
KESIMPULAN
Dari
pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.
diagram didefinisikan
sebagai kombinasi antara media grafis dan gambar
foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai
fakta pokok atau gagasan.Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau
konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan
secara visual.
2.
Gamabar adalah sesuatu yang sederhana menggunakan titik-titik, garis atau gambar yang
menggambarkan hubungan dan perbandingan antara unit-unit data, kecenderungan
pada gambar itu. Fungsi gambar adalah untuk
menggambarkan data kuantitatif secara ilustrasi,
menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek atau peristiwa yang
saling berhubungan secara singkat dan jelas.
V.
PENUTUP
Demikianlah makalah yang dapat pemakalah
sampaikan. Semoga makalah ini
dapat memberi
manfaat bagi pembaca dan pemakalah sendiri khususnya. Apabila dalam penyusunan
makalah ini masih banyak terdapat kesalahan kami mohon kritik dan saran.
DAFTAR
PUSTAKA
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada 2010
Sadiman, Arief S, Media Pendidikan, Jakarta : Rajawali
Press 2009
http://triisnaini.blogspot.com/2012/07/karakteristik-media-dua-dimensi.
Diaksespada 12 Mei pukul 19.50
http://zamust-kumpulanmakalah.blogspot.com/2010/07/makalah-administrasi-dan-supervisi. diaksespada 13 Mei 2013 pukul 12.30
[1]http://triisnaini.blogspot.com/2012/07/karakteristik-media-dua-dimensi.
Diakese pada 12 Mei 2013 pukul
19.50
Tidak ada komentar:
Posting Komentar