Kamis, 11 Juni 2015

RANCANGAN PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS (DIAGRAM DAN GAMBAR)



 RANCANGAN  PENGEMBANGAN MEDIA GRAFIS                                 (DIAGRAM DAN GAMBAR)
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Media Pembelajaran
Dosen Pengampu : Muslam M.Pd
                                                                                                                 

Disusun Oleh:
                                         1 . Anikotus Soimah          (133311002)
                                          2. Mustaghfiroh                 (133311017)
                                          3. Imam Mughnil Anam     (133311019)
                                           4.Irrodhatus Salamah          (133311035)


FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
                                                2013 
    I.             PENDAHULUAN
Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern pada saat sekarang ini, peranan media sangatlah penting terutama didalam hal proses belajar mengajar. Sehingga kedudukan media pengajaran yang ada didalam komponen metode mengajar adalah salah satu upaya untuk mempertinggi proses interaksi guru dengan siswa dan interaksi siswa dengan lingkungan belajarnya. Melalui penggunaan media pengajaran ini diharapkan dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi kualitas hasil belajar siswa.
Dan salah satu dari beberapa media yang sering digunakan dalam proses belajar-mengajar adalah media grafis. Sebagaimana halnya media yang lain, media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Saluran yang dipakai menyangkut indera penglihatan dan pesan yang akan disampaikan dituangkan kedalam simbol-simbol komunikasi visual.
Ada banyak jenis didalam media grafis, yang mana kesemuanya itu cukup mudah dalam pembuatannya dan juga relatif murah ditinjau dari segi biayanya. Namun didalam makalah ini kami hanya akan menyampaikan salah satu dari jenis media grafis tersebut yaitu diagram dan gambar.

           II.              RUMUSAN MASALAH
A.       Apa pengertian diagram ?
B.       Apa pengertian gambar dan macam-macamnya?
C.       Bagaiman karakteristik diagram dan gambar yang baik?

        III.              PEMBAHASAN

1.      Diagram
Diagram adalah gambaran atau skesta dari bagian suatu benda yang  
              Menunjukkan langkah-langkah suatu proses kerja.
              Diagram biasanya menjelaskan suatu hubungan antara data-data dengan yang lain.

                     2     GAMBAR
                                                                
A.  Karakteristik diagram dan gambar yang baik
1.      Karakteristik diagram yang baik
Diagram atau chart harus mempunyai tujuan pengajaran yang ditentukan dengan jelas. Bagi siswa yang berusia muda suatu chart harus berisikan hanya satu konsep atau gambaran konsep. Sebaiknya chart itu ditekan hingga hanya berisi informasi verbal dan visual yang minimum untuk dapat dipahami. Jika ingin mengungkapkan beberapa gagasan atau konsep, sebaiknya dibuat serangkaian chart sederhana. Informasi pengajaran dan pesan-pesan isi pengajaran dikomunikasikan melalui saluran visual, dan materi verbal hanya diadakan untuk mendukung pesan visual.
Karakteristik yang ada pada bagan adalah:
a.       Sedehana, mudah dilihat dan dibaca
b.      Tidak terlalu banyak konsep di dalamnya, tidak harus terlalu rinci serta tidak banyak digunakan kata-kata.
c.       Warna-warna yang digunakan harus menambah kejelasan.

2.      Karakteristik gambar
Umumnya data yang berbentuk data atau tabel dapat disusun kedalam bentuk gambar.Penampilan gambar dalam bentuk gambar umumnya akan menjadi lebih mudah dipahami dan menarik. Penggunaan gambar dalam kegiatan pembelajaran memiliki berbagai pilihan dan variasi. Setidaknya gambar dapat ditampilkan dalam empat jenis, yaitu poster,kartun , komik dan fotografi. Keempat jenis gambar ini memiliki penampilan serta tingkat keterbacaan yang berbeda. Gambar biasanya dilengkapi dengan gambar yang menjelaskan simbol-simbol yang terdapat didalamnya. Pemilihan jenis gambar akan digunakan biasanya tergantung pada kompleksitas dari informasi ataupun data yang ingin disampaikan. Selain itu juga tergantung pada kemampuan atau keterampilan peserta didik dalam menginterprestasikan gambar.
Sebuah gambar yang baik apabila memenuhi kriteria sebagai berikut:
a.       Dibuat dengan jelas dan menarik ( berwarna )
b.      Penyajian ide harus disesuaikan dengan permasalahannya
c.       Warna harus kontras dan harmonis
d.      Sederhana dan mudah dibaca
e.       Penyajian menarik, praktis dan cermat dalam perhitungan[1].



IV.            KESIMPULAN
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.    diagram didefinisikan sebagai kombinasi antara media grafis dan gambar foto yang dirancang untuk memvisualisasikan secara logis dan teratur mengenai fakta pokok atau gagasan.Fungsinya yang pokok adalah menyajikan ide-ide atau konsep-konsep yang sulit bila hanya disampaikan secara tertulis atau lisan secara visual.

2.    Gamabar adalah  sesuatu yang sederhana menggunakan titik-titik, garis atau gambar yang menggambarkan hubungan dan perbandingan antara unit-unit data, kecenderungan pada gambar itu. Fungsi gambar adalah untuk menggambarkan data kuantitatif secara ilustrasi, menerangkan perkembangan atau perbandingan sesuatu objek atau peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas.



 V.            PENUTUP
Demikianlah makalah yang dapat pemakalah sampaikan. Semoga makalah ini
dapat  memberi manfaat bagi pembaca dan pemakalah sendiri khususnya. Apabila dalam penyusunan makalah ini masih banyak terdapat kesalahan kami mohon kritik dan saran.




                                                        DAFTAR PUSTAKA
                                                                          
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada 2010
  Sadiman, Arief S, Media Pendidikan, Jakarta : Rajawali Press 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar